Pare, obat alternatif diabetes

Sudah pernah makan sayur pare? ini kesukaan saya, apalagi kalo ibu saya yang masak. Tumis pare yang terkadang dicampur dengan ebi atau cacah daging, membuat selera makan jadi maknyusss! Rasanya memang pahit, tapi saya merasakan nikmatnya olahan sayur pare ini jika dicampur dengan bumbu-bumbu racikan, dan rasa pahit pun tak terlalu getir, malah membuat lidah saya ketagihan, hehehe..😀

Awalnya, saya tidak tahu efek dari sayur pare ini. Saya baru tergelitik untuk mencari tahu tentang khasiatnya ketika kawan saya serng menanyakan kenapa saya suka dengan sayur ini. Alhasil dari pengembaraan saya dalam mencari informasi, ada salah satu sumber yang menyatakan bahwa sayur pare ini bisa menurunkan gula darah.


Sebuah studi dari Jurnal Ethnopharmacology menyatakan bahwa pare segar maupun pare yang dikeringkan dalam jumlah 1.5 ons – 3 ons bisa membuat kadar gula darah turun sebanyak 48%, membuat toleransi glukosa membaik tanpa terjadi peningkatan insulin, serta memperbaiki kadar gula darah pada penderita diabetes.

Rasa pahit pare yang merupakan ciri khasnya disebabkan karena kandungan cucurbitacins. Diantara komposisi ini terdapatlah Charantin yang merupakan suatu bahan primer dalam mengurangi regulasi gula darah. Charantin membuat suatu reaksi penurunan gula darah (hipoglikemik). Pare juga mengandung suatu peptida yang menyerupai sifat insulin, salah satunya adalah polipeptida P dan alkaloid. Kandungan lain dalam pare pun turut serta dalam efek perubahan gula darah. Pada penelitian percobaan yang dilakukan ke manusia, pare menunjukkan perubahan signifikan dalam pengontrolan gula darah setelah mengkonsumsinya dan menghasilkan efek penurunan gula darah.

Tetapi ada saran dr.Intan Airlina Febiliawanti yang perlu diperhatikan, Meskipun pare sangat baik untuk menurunkan gula darah, akan tetapi harus diperhatikan penggunaannya apalagi jika Anda seorang diabetesi yang menggunakan obat – obatan untuk mengontrol kadar gula darah Anda. Jangan lupa untuk memonitor kadar gula darah Anda jika Anda memutuskan untuk memakai pare sebagai tambahan pengontrol kadar gula darah. Jika Anda sedang dalam pengobatan bersama obat gula sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter Anda sebelum Anda menggunakan pare bersama obat Anda karena pare bisa menyebabkan kadar gula darah Anda turun drastis bila memakai terlalu berlebihan. Sedangkan untuk riwayat alergi terhadap pare belum pernah ada penelitiannya.

Sumber : Kompas

Semoga bermanfaat kawan… Setelah menulis tentang sayur pare, saya jadi lapar.😀

7 comments on “Pare, obat alternatif diabetes

  1. Asop mengatakan:

    Yap, bener banget, dulu waktu gula darah ayah saya sempet tinggi, ayah saya minum air rebusan pare.😀
    Kami sekeluarga pun minum. Awalnya memang pahit, tapi lama2 gak terlalu pahit, malah cenderung enak.🙂

  2. Kamal Hayat mengatakan:

    Tapi rasanya pahit banget ni, kadang-kadang nggk aku makan kalu pas ada lauknya pare, ada solusi nggk biar gak pahit

  3. achoey el haris mengatakan:

    Salam
    Maaf baru blogging lagi
    Dah beli novel Sahaja Cinta kan? (iklan hehe)

    Untungnya saya suka pare🙂

  4. hudaesce mengatakan:

    Hemm….,siip nih, udah saatnya juga kita meski harus beralih ke obat2an herbal.

  5. Darin mengatakan:

    Pare emang sip. Saya juga hobi berat tuh😀

  6. bisa kasih tau gak aneka olahan pare, beserta cara dan bahan membuatnya🙂 terima kasih

Tinggalkan Balasan

