AWAS! Bahasa Iklan!

Apa yang kalian pikirkan saat membaca atau mendengar kalimat bombastis seperti ini :

Raih Jutaan Rupiah Hanya Dengan Membeli Salah Satu Produk Kami !!!

atau yang bikin penasaran,

Rahasia paling mudah berbisnis online, hanya dalam beberapa menit dan dapatkan keuntungan sekarang juga !!

Apa pun yang ada di pikiran kalian, jangan simpulkan terlalu dini. Cermati apa produknya dan pahami bagaimana maksudnya. Bahasa iklan memang dibuat semenarik mungkin. Tujuannya adalah menarik minat pengunjung. Jika tujuan awal dipenuhi maka, selanjutnya anda akan diberikan informasi mengenai produk yang ditawarkan, baik melalui sales letter atau via email.

Masalahnya dalam internet marketing semua aspek pemasaran dilakukan secara digital tanpa melalui tatap muka antara merchant dan supplier atau pembeli dan penjual. Praktis memang tapi disinilah ketelitian sangat dibutuhkan. Jangan sampai produk yang  sudah kita dapatkan malah justru mengecewakan dan tidak sesuai harapan. Kalau sudah demikian, berarti ada dua kemungkinan : tertipu atau tidak teliti sebelum membeli produk.

Di luar sana banyak orang  yang merasa tertipu kemudian menulis artikel umpatan tentang produk yang dibeli dan juga pemiliknya. Sekali lagi, bahasa iklan telah memakan korban. Siapa yang tanggung jawab? jawabannya adalah tergantung. Kalau ada banyak konsumen yang merasa tertipu, berarti sudah menjadi tanggung jawab pemilik produk yang memang harus klarifikasi dan instropeksi. Jika pemilik produk adalah badan perusahaan memang menjadi kewajibannya untuk tetap menjalankan CSR (Corporate Social Responsibility). Bagaimana jika pemiliknya adalah wirausahawan? sadar diri aja. Kalau ingin tetap berada di jalur bisnis, lakukan yang benar. Bagaimanapun bisnis adalah soal citra yang melibatkan mutu dan pelayanan. Jika tidak bisa menciptakan citra yang baik di dunia bisnis, habislah sudah.

Ada salah satu budaya hantam kromo yang mendarah daging di masyarakat kita,

Berita negatif lebih mudah dipercaya dan lebih cepat menyebar daripada berita positif

Hati-hati buat para pemasar dalam mengiklankan produknya, bahasa iklan akan menentukan persepsi calon konsumen. Masalah profit adalah soal kesekian karena yang penting adalah substansi dari pemasaran itu sendiri, yaitu menjalin komunikasi dengan konsumen agar dia menjadi pelanggan. Mendapatkan profit hari ini juga takkan dapat menandingi keuntungan yang didapat dari kesetiaan para pelanggan.

2 comments on “AWAS! Bahasa Iklan!

  1. Mabruri Sirampog mengatakan:

    teliti, cermati dan pahami sebelum menentukan pilihan…🙂

  2. ta mengatakan:

    jadi inget `bahasa iklan`nya Joger *tau kan joger?*
    malah bilang `JOGER JELEK`😀
    buktinya, malah laku banget yang beli.. heheh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s