Transaksi E-commerce

E-commerce pada dasarnya dirancang sebagai aplikasi transaksi jual beli melalui media internet.  Namun masih banyak orang yang ragu, terutama user (pengguna) baru di jagat maya yang ingin melakukan transaksi via online. Berikut ini, beberapa hal yang harus anda perhatikan saat anda ingin membeli sesuatu melalui transaksi e-commerce:

  1. Baca dengan cermat penjelasan produk yang ditawarkan melalui website. Jika kurang paham hubungi contact support (pelayanan), namun sebelum itu kunjungi FAQ (Frequency Ask Question) bila ada di menu halaman website. Apabila anda tidak mendapatkan jawaban atas pertanyaan anda atau kurang puas dengan jawaban, anda bisa putuskan untuk mencari penawaran lain.
  2. Perhatikan prosedur pengiriman barang, jika produknya adalah jasa dan informasi maka, perhatikan kontrak perjanjian yang dikeluarkan oleh penyedia jasa. Kesepakatan yang telah anda buat dengan situs e-commerce tidak dapat dibatalkan.
  3. Hati-hati dengan bahasa iklan. Saya sangat menyarankan anda tidak mudah tergoda dengan penawaran yang tidak rasional. Contohnya : “anda akan mendapatkan keuntungan sekarang juga dengan membeli ebook ini”. Bahasa iklan bukanlah bahasa yang bisa diterjemahkan secara harfiah. Banyak konotasi yang terkandung di dalamnya. Tujuannya untuk menarik konsumen.
  4. Ada baiknya anda mengerti atau tahu barang yang akan anda beli sebelumnya. Hal ini untuk menghindarkan rasa kecewa berlebihan. Jika anda membeli buku, setidaknya tidak terlalu berharap dengan penampilan buku karena yang anda butuhkan adalah isinya dan berharap halamannya lengkap.
  5. Jangan membeli produk yang berisiko tinggi, kecuali sudah rekomendasi dan terjamin serta bergaransi.
  6. Transaksi e-commerce sifatnya adalah paperless transaction, artinya tidak ada kontrak tertulis dan tertanda tangan. Maka, kepercayaan adalah satu-satunya kunci untuk melakukan transaksi ini. Jika anda ragu tinggalkan dan cari refferensi lain.
  7. Biasanya tidak ada tawar menawar harga (hanya pada transaksi tertentu) dan barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan (kalau cara konvensional mungkin bisa membawa nota tapi tidak dengan e-commerce).

Teliti sebelum membeli itu perlu. Jika anda tidak kenal atau belum begitu yakin dengan sebuah penawaran. Anda bisa meminta nasehat atau refferensi dari Google. Inilah kelebihan e-commerce.

Semoga bermanfaat.

4 comments on “Transaksi E-commerce

  1. wiangga0409 mengatakan:

    saya baru aja menangani kasus penipuan importir di malta oleh eksportir indonesia.

    gara2 transaksi begini nih..

  2. yuni80 mengatakan:

    Aku sering belanja online, Alhamdulillah blom ada yang bermasalah dan bisa d percaya🙂

  3. achoey el haris mengatakan:

    Salam persohiblogan
    Daku kembali menyapamu kawan
    Kembali ke dunia yang penuh persahabatan ini
    Rindu rasanya
    Ada puisi anget untukmu🙂

    Saya belum pernah melakukannya🙂

  4. mugifest mengatakan:

    blognya bagus😀 infonya bermanfaat

    visit mugifest.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s