Kebutuhan manusia

Kebutuhan manusia sejatinya hanya ada dua pokok, yaitu kebutuhan jasmani dan rohani. Dua kebutuhan ini saling mengisi satu sama lain dan tidak bisa dipisahkan selama manusia tersebut bernyawa dan masih memiliki akal.

1.  Kebutuhan jasmani. Merupakan kebutuhan yang berkaitan dengan fisik manusia, baik pemenuhan nutrisi, kebugaran atau pun fashion. Kebutuhan ini seringkali diutamakan dan menjadi kebutuhan pokok manusia yang tak bisa ditunda. Oleh karena itu, pemenuhan kebutuhan tersebut memerlukan perjuangan untuk bisa meraihnya. Beberapa manusia bahkan menggunakan segala cara mulai dari yang rela malu sampai yang rela mati untuk memenuhi kebutuhan ini. Bukan hanya untuk dirinya sendiri tapi untuk keluarga, kerabat dan sanak saudaranya. Kebutuhan jasmani berada di urutan pertama.

rela malu

rela mati

2. Kebutuhan Rohani. Merupakan kebutuhan yang berkaitan dengan jiwa atau ruh manusia yang dapat berupa kebahagian, kedamaian dan ketentraman. Kebutuhan ini sumbernya hanya satu : agama. Bnyak manusia yang mengesampingkan dan menganggap bahwa kebutuhan ini akan tercapai jika kebutuhan jasmani terpenuhi. Tapi tak sedikit pula yang mengejar kebutuhan ini tanpa peduli bahwa dia masih menetap di bumi.

Dua kebutuhan tersebut saling terkait satu sama lain dan manusia tidak bisa melepaskan salah satunya. Tak ada yang mampu bertahan hidup tanpa uang begitu juga sebaliknya, uang juga tak menjamin kebahagiaan hidup seseorang. Kebutuhan jasmani dan rohani adalah syarat mutlak sebagai bekal tujuan hidup manusia.

Semoga bermanfaat dan sorry nih, ga sempat blogwalking… jangan marah, ya.. ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s