Awas ada penipu di situs jejaring sosial

Siapa dari kawan-kawan yang hobby browsing tapi nggak suka bergabung di situs jejaring sosial? Beruntunglah kalian, karena beberapa bulan terkahir dikabarkan muncul tren situs penipuan (phising) yang memalsukan merk jejaring sosial. Hal ini dinyatakan oleh Symantec yang merilis Report Spam bulanan.

Contohnya adalah website phising dengan nama “webcam”. Situs tersebut menyediakan fasilitas webcam untuk para pengguna padahal di situs aslinya tidak menyediakan layanan tersebut. Itu cara umpan yang pertama.

Cara yang kedua, melalui pornografi yaitu dengan mengklaim bahwa situs jejaring sosial tertentu telah membuat edisi baru untuk pengguna dewasa. Mereka memancing pengguna untuk mendapatkan data pribadi dengan menawarkan sejumlah fitur sehingga pengguna dapat melihat adegan-adegan hot bahkan skandal-skandal orang-orang terkenal.

Cara ketiga adalah penawaran palsu berupa software untuk hack (hacking software). Buat yang pengen belajar hacking, hati-hati ya! Siapa tahu mereka adalah phisher alias penipu. Mereka akan terus berusaha melakukan phising dengan umpan-umpan baru dengan tujuan mengambil data pribadi pengguna. Pencurian identitas seperti ini sangat berbahaya, bisa dikatakan lebih berbahaya daripada virus. Kok bisa? bayangain aja, kalau misalnya tiba-tiba ada surat tagihan dari microsoft atau perusahaan apa saja bahwa kita telah membeli produknya. Memesan saja nggak, malah disuruh bayar.

So, buat kawan-kawan, tetaplah berhati-hati baik di dunia nyata apalagi di dunia maya. But keep blogging…😀

Sumber : Yahoo.com

4 comments on “Awas ada penipu di situs jejaring sosial

  1. wiangga0409 mengatakan:

    info yang sangat bermanfaat.

    yah, orang kalo udah niat jahat dimana aja jadi..

    hff.,. mesti bijak bijak kita dengan dunia maya🙂

    cheers

  2. Nandini mengatakan:

    manusia itu makhluk yang pintar.. hanya sebagian besar menggunakan kepintarannya pada jalur yang salah.. eman2 kalo akal yang diberikan Tuhan hanya digunakan untuk mengakali manusia lain..😦 semoga kita terhindar dari hal-hal yg demikian ya Bobby..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s