Crop circle, apa itu?

Beberapa stasiun televisi dan media elektronik lain sedang gencar-gencarnya membahas masalah crop circle. Apa itu crop circle? Menurut beberapa sumber yang saya simpulkan, crop circle adalah lingkaran simetris bercorak dengan ukuran besar dan biasanya terbentuk di ladang pertanian. Fenomena ini banyak menimbulkan kontroversi beragam, ada yang menyebutkan hal itu sebagai pendaratan UFO dan ada pula yang menyebutkan buatan manusia.

Crop circle sendiri sudah banyak ditemui di negara-negara eropa dan beberapa negara lainnya. Temuan terakhir malah terdapat di negara kita sendiri, tepatnya di desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal inilah yang sering menjadi perbincangan hangat akhir-akhir ini, pro kontra tentang “buatan-siapa-ini” terus bergulir seakan menepikan masalah-masalah lain yang sebelumnya menjadi topik utama.

Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) yang pernyataannya saya kutip dari Yahoo.com, crop circle yang dibuat di Sleman murni buatan manusia karena mereka menemukan lubang bekas tancapan tongkat atau sejenisnya di tengah lingkaran. Tongkat tersebut yang dijadikan sumbu untuk membuat crop circle. Bukti lainnya adalah tidak adanya bekas kebakaran atau gas buang (bener juga sih, kalau UFO kan ada knalpot jetnya tuh di bagian bawah pesawat). Meskipun pendapat sebelumnya mengatakan bahwa ini adalah perbuatan mahluk asing karena warga tidak mengira pembuatannya dilakukan dalam semalam namun bukti di atas sudah menjadi dugaan kuat bagi tim LAPAN bahwa hal tersebut adalah perbuatan manusia.

Manusia Indonesia memang sangat kreatif bikin sensasi, kok bisa-bisanya iseng bikin “ginian”. Menurut mereka yang udah ngukur, diameternya sekitar 70 m. Coba lihat gambar di atas, keren kan? tapi kasihan petaninya tuh…

 

5 comments on “Crop circle, apa itu?

  1. koeshariatmo mengatakan:

    bagus lah orang indonesia sudah mulai kreatif buat pola2 besar seperti itu..
    seperti jepang yang mempunyai seni di sawahnya..
    salam

  2. byzhee mengatakan:

    sebagai seorang muslimah,..
    aku yakin semua itu tercipta karena ada andil dari tangan tuhan…
    Allahu a’lam…

  3. rime mengatakan:

    kreatif sih kreatif, tapi merugikan petani yang kebetulan punya petak-petak sawah itu.

    yang bikin ini menurut saya ga berperikemanusiaan–jika mereka adalah manusia.

  4. Nandini mengatakan:

    yang bikin manusia kok.. beberapa orang.. dan entah apa maksudnya, mungkin terkait politik kali ya🙄

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s