Pentingkah komentar itu?

Terinspirasi oleh posting kawan saya yang satu ini, kopipakegula tentang penting nggaknya sebuah komentar di blog kita. Sebenarnya komentar itu diberikan karena beberapa alasan sebagai berikut :

  1. Kunjungan balik. Kalau kita nulis postingan pada blog, pastinya kita berusaha untuk mendatangkan pengunjung agar tulisan kita dibaca, betul? salah satu cara yang paling sering dilakukan adalah blogwalking. Membaca postingan blogger lain dan meninggalkan komentar kemudian berharap si empunya blog berkunjung ke blog kita dan meninggalkan komentarnya juga.
  2. Content. Komentar diberikan karena content dari sebuah blog menarik perhatian pengunjung dan berusaha mengulas lebih lanjut. Biasanya blog tersebut memuat content tutorial dan tips, maka komentar yang biasa ditinggalkan mengandung pertanyaan dan ucapan “makasih infonya”.
  3. Popularitas. Hal yang satu ini biasanya berorientasi pada bisnis dimana kalau mereka meninggalkan komentar, tidak hanya sekedar berharap kunjungan balik tapi langsung 2 de point tukeran link atau bahkan komentarnya pun disisipkan link-link affiliasi. Namanya juga bisnis, semua yang dilakukan tidak lepas dari usaha bisnis.

Beberapa hal yang bisa diambil kesimpulan dari ketiga alasan di atas adalah komentar itu perlu, apa pun alasannya. Seperti pada poin pertama, kunjungan balik merupakan salah satu cara untuk mengenalkan blog kita pada blogger lain. Ya, kalau tulisan kita nggak mau dibaca orang, mending blognya dibikin privat aja, betul? Kalau saya memang beberapa hari awal ngeblog nggak peduli tulisan saya dikomentari atau nggak, karena niatnya emang belajar nulis, belajar merangkai kata dan menuangkan ide.

Poin yang kedua adalah content, sejatinya tulisan seorang blogger itu adalah manfaat bagi pembacanya. Saya nggak bicara tutorial karena ungkapan dan curahan hati dan pengalaman sehari-hari pun terkadang bisa membangkitkan motivasi dan menyadarkan diri kita sekaligus bangkit  dari segala problema. Pentingnya komentar disini adalah untuk menunjang isi dari content tersebut, misalkan kalau isinya curahan hati, maka saling mendukung atau bertukar pengalaman.

Poin yang ketiga, adalah popularitas. Motivasi seseorang untuk menciptakan sebuah blog itu kan berbeda-beda, ada yang niatnya monetasi, ada yang niatnya untuk sekedar berbagi layaknya diary dan sebagainya. Tentu saja motivasi seorang blogger yang memonetasi blognya adalah uang. Pentingnya sebuah komentar yang diberikan juga mengandung unsur uang. Mereka berharap traffic terus meningkat pada blognya untuk menunjang aktifitasnya di dunia bisnis online. Semakin populer, semakin mudah ia menjalankan segala sesuatunya. Traffic yang diharapkan bukan sekedar melihat-lihat isi blognya tapi juga komentar yang ditinggalkan.

Apa pun alasannya untuk meninggalkan komentar pada posting yang ditulis oleh seorang blogger hendaknya disikapi dengan bijak. Kalau mau promosi, komentnya bisa ke blog yang setopik. Kalau ingin kunjungan balik, silahkan tinggalkan koment yang layak, jangan sampai meninggalkan koment tanpa membaca isi blognya, malah jadinya nggak nyambung. Jika tak sempat membaca postingan yang panjangnya sekilo, ambil intinya saja. Begitu juga jika membalas kunjungan, terkadang posting yang kita baca nggak bisa kita komentari karena nggak paham isinya. Maka cari saja postingan lain atau kalau mentok nggak ada yang paham biarkan saja dan kapan-kapan berkunjung lagi, nggak bakalan marah kok kalau kita nggak koment balik.

Blogging sudah merupakan aktivitas sosial, maka kita harus saling menghargai. Memang, ngeblog itu nggak ada kitab sucinya, tapi dimana pun ada aktivitas dan rutinitas, disitu pasti ada adat. Nggak ada patokan benar atau salah tapi yang jelas pasti ada etika. So, buat para blogger saya butuh komentar kalian.. hehehe…. Kali aja ada yang mau nambahin atau menyanggah juga boleh..😀

Piss, salam satu blogger

6 comments on “Pentingkah komentar itu?

  1. naruto mengatakan:

    ijin mengamankan pertamaxxx…. tp katannya link dr komentar sama gugel ngga dianggap yah karna nofollow… ga tau juga ding…

  2. rime mengatakan:

    Saya sebenernya agak jengah dengan para pengejar traffic, netah itu untuk monetasi atau untuk tujuan lainnya.

    Seperti yang sudah saya bahas, seringkali mereka asal ngasih komen dengan harapan kita balik ke sana.

    Entah ya, tapi menurut saya, rasanya ada nilai yang hilang. Karena sejatinya blogging bukan sekedar berbagi kunjungan, tapi berbagi pikiran dan perhatian…. atau juga “kasih sayang”, hehehe🙂

  3. bwibisono mengatakan:

    komentar penting buat saya.. selain “tapak jejak” juga sebagai pendongkrak semangat untuk makin rajin ngeblog..🙂

    soal SEO, backlink atau apapun itu saya ga terlalu peduli.. yang penting adalah tetap menulis yang bermanfaat dan terus berbagi apa saja..:mrgreen:

    • blogbobby mengatakan:

      Yap, bener banget… tentu saja komentar yang membangun dan sarat saran dan sedikit kritik, hehehe…
      Komentar di blog kita menandakan bahwa blog kita dikunjungi, dan harapannya tulisan kita juga dibaca.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s