Windows Genuine

Saya baru tahu kemarin, kalau ternyata yang membuat koneksi internet jadi “lola” bukan hanya gangguan dari server tapi juga terdeteksi oleh Windows Genuine dari microsoft. Pantes, nggak seperti biasanya koneksi jadi lamban kayak bekicot. hehehe… Padahal sebelumnya saya sudah pernah terdeteksi, cuma saya anggap hal kecil karena nggak tahu efeknya secara mendalam, paling layarnya hitam pada dekstop.

Sudah tahu kan, apa itu Windows Genuine ? Kalo yang sudah tahu atau pernah mengalami, bagi-bagi pengalaman, ya di kolom komentar. Tapi buat yang belum tahu, saya jelaskan sedikit menurut pengetahuan saya.

Windows Genuine Advantage (WGA) adalah peringatan validasi microsoft untuk software windows yang sedang kita gunakan, biasanya yang terdeteksi oleh microsoft adalah software bajakan, berarti saya juga pakai windows bajakan sebelumnya😛. Bagaimana microsoft mengetahuinya? Hal ini bisa terjadi jika kita menggunakan windows XP dan mengaktifkan fitur auto update.

Kawan-kawan bisa check di control panel – security center dan tampilannya seperti di atas, kebetulan punya saya pada posisi ON semua termasuk auto update karena telah diinstall kemarin.

Jika fitur tersebut diaktifkan maka secara otomatis saat kita online, windows akan terus melakukan update. Nah, sialnya jika kita menggunakan software bajakan seperti saya dulu, maka akan muncul seperti ini :

Gambar di atas saya ambil dari google yang kebetulan sama dengan kondisi dekstop saya waktu terdeteksi. Coba lihat di sebelah kanan bawah… Pada sistem tray (yang ada di toolbar) ada gambar bintang dan sekaligus dalam beberapa saat muncul peringatan untuk segera melakukan validasi atau jika kita menekan tombol update, maka kita akan dibawa ke situs microsoft dan disarankan membeli software aslinya.

Awalnya masalah seperti ini membuat saya panik karena layar yang tiba-tiba hitam, meski masih berfungsi dalam pengoperasian windows hal ini membuat saya tidak nyaman juga. Saya mencoba mencari solusi dengan googling ke situs lain atau blog tapi karena saya bukan orang pandai dalam hal IT dan juga tidak mau mengambil risiko, lebih baik saya install ulang dengan bantuan kawan yang memiliki windows asli. Alhamdulillah, browsing lancar lagi, meski sedikit “lola” akibat gangguan server tapi tidak berpengaruh besar seperti sebelumnya.

Yap, yang punya pengalaman seputar genuine, bagi-bagi ya, kawan…😀

15 comments on “Windows Genuine

  1. Ilhamdi mengatakan:

    Wah, nice artikel, ni. Tak coba dulu😀

  2. wiangga0409 mengatakan:

    di tempatku hampir semua pake linux pak. OSS.

    thank info nya..:)

    • blogbobby mengatakan:

      Hmmm… saya sudah menjadi bapak rupanya, sampai dipanggil pak… wkwkwkwkwk….
      klo linux sih aman ya…😀
      sejak hadirnya open source, mengolah data menjadi semakin mudah tanpa harus terpaku pada satu OS.😀

  3. andipeace mengatakan:

    saya punya software upgrate windows xp dan vista bajakan menjadi original…
    ada juga tips windows 7 original dijadikan bajakan..

    • blogbobby mengatakan:

      wah, mantap tuh.. gan…
      saya mesti banyak belajar nih… saya paling takut salah kalo soal utak atik PC, masalahnya saya jauh dari kawan teknisi. kalo macet di tengah jalan pas uji coba bisa berabe kan, soalnya pc selalu saya pakai.. non stop hehehe…

  4. briyudistira mengatakan:

    “Oww… begitu toh…. info bagus!! terima kasih

  5. evridamanik mengatakan:

    aku pernah juga mengalami hal yang demikian…layar jadi blank dan hitam sehingga tidak bisa membuat walpaper,,,semoga selanjutnya jangan lupa untuk mematikan (posisi off) auto update windowsnya,,,,oh ya saya pernah baca artikel,,katanya itu bisa dikembalikan seperti semula,,,coba deh cari di google,,,mungkin ketemu jawabannya,,,,,

  6. rime mengatakan:

    karena saya pake software resmi, jadi ga pernah ditegur..

    makasih ya atas infonya… akan saya infokan ke temen2 yang pake software Windows bajakan, hehehe🙂

  7. Lucky dc mengatakan:

    Oh itu toh pengertiannya, thanx for sharing the info, tapi saya kok belum pernah ya hehehe😆

Tinggalkan Balasan

