Jika saya bingung

Menurut saya, bingung adalah kondisi di mana seseorang ragu untuk menentukan atau mengambil sebuah keputusan, bisa juga kondisi di mana seseorang mengalami kelemahan fokus. Bingung bisa berubah menjadi panik jika orang tersebut tidak bisa mengontrol kondisi jiwanya dan kehilangan fokus pikiran. Hal tersebut bisa terjadi kepada siapa saja, baik tua maupun muda, laki maupun perempuan. Bingung disebabkan oleh berbagai macam alasan dan cara mengatasi bingung pun berbeda-beda bagi masing-masing orang.Jika saya bingung, inilah beberapa hal yang saya lakukan :

  1. Berusaha tenang dan mengembalikan fokus pikiran, kalau agak berat langsung dzikir.
  2. Berusaha mencari tahu sumber masalah yang membuat saya bingung.
  3. Kalau saya tidak sanggup mengatasi kebingungan saya dan semakin membuat saya gundah, biasanya “mengasingkan diri”, menyendiri maksudnya agar ketenangan batin dan kekuatan pikiran kembali normal karena orang bingung itu biasanya teracuni oleh pengaruh lingkungan.
  4. Kalau itu hal sepele, lebih baik saya cepat bertindak dengan mengambil keputusan secara random. Kapasitas otak, kan terbatas jadi saya ingin segera menyelesaikannya lebih cepat supaya beban muatan diminimalisir untuk hal-hal kecil.
  5. Kalau ada hal krusial yang membingungakan sedangkan butuh waktu cepat untuk bertindak, maka ada dua cara yang saya lakukan menyerahkan keputusan pada orang lain sebagai perwakilan saya meskipun sekedar pendapat tanpa perhitungan atau ambil cara random dengan mempertimbangkan faktor buruk yang akan dihadapi. Misal: jika saya mengalami mogok ditengah jalan dalam perjalanan ke kantor tempat bekerja, lebih baik saya tidak masuk kerja daripada harus menitipkan motor saya ke bengkel atau lahan parkir dan melanjutkan perjalanan ke kantor. Faktor buruknya, saya dimarahi bos tapi saya lega daripada saya bekerja dalam keadaan tidak tenang karena memikirkan motor.hehehe… jengkelnya dimarahin bos cuma beberapa menit, tapi seandainya motor ilang nyeselnya sampai berminggu-minggu… ;P

Bagaimana dengan kawan-kawan ?

2 comments on “Jika saya bingung

  1. wiangga0409 mengatakan:

    seperti orang kebanyakan..

    saya akan bersuci dan menghadapnya..

    berkontemplasi..

    seumuir hidup, cara itu selalu ampuh..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s