Sensasional news

Jika mendengar  dan menyaksikan berita tentang kasus suap menyuap di kalangan pejabat negara, itu merupakan hal wajar meskipun sebenarnya adalah sebuah aib. Demi kesejahteraan masyarakat, memang harus transparan. Menyimak gosip para selebritis juga merupakan hal yang sudah lumrah dan dijadikan tren bagi sebagian orang untuk mengikuti gaya hidup mereka, mulai dari busana sampai cara bicara.

Namun dari semua berita yang disajikan media, ada satu hal yang membuat saya merasa risih, kurang sependapat dan terlalu vulgar untuk dibicarakan. Apakah pemuka agama juga harus dibeber keburukannya dan disebar luaskan ke khalayak? Pantaskah itu? Semua orang pasti punya keburukan di masa lalu dan semua orang punya masalahnya sendiri-sendiri. Hal-hal yang berkaitan dengan privasi harusnya dihargai. Tak peduli dia presiden atau rakyat jelata sekalipun, ada wilayah yang seharusnya menjadi batas bagi para awak media untuk dieksplorasi.

Logikanya begini, untuk mencari kesalahan manusia bukanlah hal sulit bahkan setiap ucapan berpotensi menjadikan sebuah konflik. Nah, jika kesalahan yang terjadi pada para pemuka agama dijadikan bahasan utama untuk konsumsi publik, secara otomatis kepercayaan mereka luntur. Padahal pemuka agama dalam sebuah negara adalah pemicu atas terbentuknya moral bangsa. Kalau pemuka agama yang seharusnya disegani malah dijadikan bulan-bulanan media, bisa jadi kewibawaannya pun jatuh. Jikalau sudah jatuh, masihkah masyarakat percaya? paling-paling mereka akan saling berkicau “kyai aja begitu, gimana mau nasehatin kita?”

Saya bukannya membela si A ata si B tapi ada beberapa aib yang tidak boleh diungkapkan apalagi didepan umum. Justru aib harus disembunyikan baik-baik. Mau contoh? anak harus menjaga aib kedua orang tuanya dan istri harus menjaga aib suaminya. Sebetulnya kita harus pandai-pandai menelaah sebuah permasalahan, pemuka agama, presiden dan para pejabat negara lainnya hanya manusia biasa yang kerap melakukan kesalahan. Selama kesalahan mereka tidak berdampak buruk kepada masyarakat kenapa harus digembar-gemborkan? Kalau mereka selingkuh, apakah berpengaruh pada keluarga kita? malah menurut saya, berita buruk akan berdampak buruk terhadap mental masyarakat, bisa dilihat contoh nyata dari Ariel peterporn.

Harusnya media bisa memberikan dukungan, motivasi dan pendidikan bagi masyarakat, apalagi tak jarang penduduk Indonesia yang tidak mengenyam bangku pendidikan. Bisa saja menerima sebuah informasi secara mentah tanpa dipertimbangkan baik buruknya.

Kritik kepada para awak media:

Janganlah mencari sebuah berita hanya untuk mengejar rupiah  dan popularitas saja, sebuah pekerjaan adalah tanggung jawab begitu juga hasilnya. Peranmu sangatlah vital dalam lahirnya informasi di kalangan masyarakat.

4 comments on “Sensasional news

  1. Runa Van Error mengatakan:

    Masalah gosip emang tiada habisnya kak

  2. achoey el haris mengatakan:

    Ya sih dik, tapi dengan banyaknya mata wartawan, ini membuat para penjahat atau koruptor lebih hati2 dan bahkan bisa jadi akhirnya takut ketahuan😀

  3. hudaesce mengatakan:

    yang terpenting para awak media itu bisa menjaga profesional dan proporsional nya za lah. info yang yang akurat dan fakta yang sebenarnya lebih baik daripada memberitakan sesuatu yang dibesar-besarkan,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s