Judi

Judul yang singkat, saya yakin sobat semua tahu maksudnya. Tahu juga maknanya kan?

Ehm… jujur saja, saya belum paham betul maknanya, definisinya saja nggak tahu. Kata ustadz saya saat saya masih kecil, judi itu mempertaruhkan segala sesuatu yang bernilai kecil untuk mendapatkan nilai yang lebih besar. Mempertaruhkan itu apa? “untung-untungan” bahasa jawanya, bahasa lebih tepatnya tidak bisa saya definisikan. Pengertian yang ada di luar sana masih dalam proses pemikiran saya. Mungkin kawan-kawan bisa membantu memberikan pengertian secara lebih khusus.

Kenapa tiba-tiba membahas judi? begini, ada beberapa kasus yang membuat saya tidak bisa menentukan sikap apakah hal ini termasuk judi atau bukan.

Pertama, kawan saya sangat hoby bermain poker zynga di facebook. Saya kira kawan blogger tahu dunk, game populer tersebut?! Nah, ada celah bisnis yang dimanfaatkan oleh sebagian dari pemain yaitu dengan memperjual belikan chip yang digunakan untuk bermain poker. Sebetulnya chip itu sendiri diijinkan oleh zynga selaku pemilik game untuk diberikan kepada sesama player, namun pada batasan tertentu. Pertanyaannya, jika seseorang menjual chip tersebut untuk kebutuhan permainan, apakah itu haram? setahu saya, kalau permainan poker itu sendiri yang melibatkan uang  sudah pasti judi. Banyak sebenarnya bisnis yang bermula dari game…

Kedua, misalnya saja satu tim ingin mengikuti lomba basket. Pihak penyelenggara memiliki sponsor dan ada biaya pendaftaran yang nantinya akan diakumulasi untuk dijadikan hadiah bagi para pemenang.

Dari kedua kasus di atas melibatkan faktor “untung-untungan”. Sebenarnya yang dibilang judi itu apa harus berkaitan dengan uang? bagaimana kalau bermain poker tanpa uang seperti yang telah saya sebutkan di atas.

Maaf buat kawan-kawan yang terlibat bisnis tersebut, saya tidak bermaksud memperuncing ambiguitas ini dan tidak berusaha juga mempengaruhi mindset kalian tentang bisnis. Sekedar sharing saja.

Tulisan seorang newbie tidak berpengaruh terhadap apa pun kecuali yang mau meresponnya dengan sangat, sangat serius… hehhehe…

Salam damai kawan..😀

3 comments on “Judi

  1. achoey el haris mengatakan:

    wah dik, saya tidak berani tuk memberikan simpulan
    Judi atau bukan saya tidak bisa memsatikan
    Bukan orang yang paham🙂

  2. Agen Judi Bola mengatakan:

    selalu ada 2 sisi yang bersebrangan.. tinggal kita bisa menempatkan diri aja

Tinggalkan Balasan

