Rencana

Rencana merupakan persiapan dari segala apa yang kita cita-citakan. Tanpa adanya rencana, maka bisa dipastikan tujuan hidup kita akan kabur, bias dan tidak menentu. Ibarat daun yang selalu mengikuti kemana angin bertiup, tak punya arah dan tujuan. Membuat sebuah rencana sangatlah perlu, mengingat segala apa yang terjadi di masa depan tidak bisa kita kendalikan alias semu atau belum tampak. Kebutuhan di masa ini belum tentu akan menjadi kebutuhan di masa mendatang karena jaman terus berganti dan dunia selalu memunculkan hal baru dari setiap generasi.

Jika dilihat dari kepentingan, menurut saya, rencana bisa dibedakan menjadi dua kategori, yaitu rencana singkat dan rencana jangka panjang. Yuk, dibahas satu per satu :

  1. Rencana singkat. Kebutuhan dan keinginan sesaat biasanya membutuhkan perencanaan yang sederhana namun tetap mengacu pada pencapaian tujuan dari sebuah kebutuhan dan atau keinginan tersebut. Misalnya saat anda yang berada di luar Jawa ingin menyaksikan langsung laga sepak bola di gelora bung Karno. Satu-satunya persiapan yang pertama kali dipertimbangkan adalah keuangan, cukup atau tidaknya isi kantong membiayai keperluan selama perjalanan sampai kembali ke rumah. Senekat apa pun anda untuk berjuang menonton di senayan, pasti membutuhkan rencana. Bonek saja, punya rencana untuk nebeng sana sini, entah itu naek truk atau pun mobil. Nggak percaya? anda ragu kalo mereka asal jalan asal nebeng? saya yakin mereka tidak berencana untuk nebeng mobil jenazah  atau nebeng truk pengangkut ikan😛 . Sekecil apa pun fokus tujuan kita, pastinya ada rencana di situ, baik disadari atau tidak.
  2. Rencana jangka panjang. Merupakan persiapan dan upaya untuk mencapai tujuan-tujuan krusial. Menikah, membangun atau membeli rumah dan memutuskan bekerja pada suatu perusahaan atau berwira usaha adalah beberapa contohnya. Perlu pemikiran dan pertimbangan yang matang dalam mengambil keputusan untuk mencapai tujuan tersebut. Hal ini tidak lepas dari dampak dan risiko yang ditimbulkan. Kehabisan ongkos saat berada di Jakarta setelah menonton pertandingan sepak bola dan tak bisa kembali pulang ke rumah tidaklah terlalu mengkhawatirkan karena “banyak jalan menuju Rumah”. Tidaklah sebanding dengan risiko apabila kita salah masuk perusahaan, salah membeli rumah apalagi salah pilih orang untuk dinikahi (berabe, nih… :D).

Itulah mengapa kita butuh sebuah rencana, sedikit atau banyaknya rencana yang kita susun akan mempengaruhi hasil dari pencapaian tujuan. Bahkan terkadang rencana yang kita susun sedemikian rupa bisa gagal mencapai target yang ingin kita raih karena “faktor x” atau faktor nonteknis lainnya. Maka dari itu, orang bijak selalu mengajarkan kita untuk membuat plan A, plan B dan seterusnya untuk mengantisipasi kegagalan.

Kita hanya manusia biasa yang mempunyai keterbatasan, namun Tuhan selalu menghargai setiap usaha yang kita tunjukkan. Baik menurut kita belum tentu baik menurut Tuhan, karena Dia Yang Maha Mengetahui segala apa yang ada di balik semua kehidupan kita. Dia lah yang memiliki masa lalu, masa kini dan masa depan. Perencanaan tidaklah lebih dari sebuah tanggung jawab manusia untuk menata hidupnya agar lebih teratur, menjadikan manusia untuk berpikir dalam meningkatkan kualitas hidup dan yang terpenting lagi memahami kekuasaan Tuhan bahwa Dia lah yang mengendalikan segalanya.

Jika apa yang menjadi tujuan kita tidak tercapai dengan perencanaan yang kita buat, percayalah Tuhan mempunyai maksud yang baik atas semua itu.

Ada yang mau nambahin?🙂

8 comments on “Rencana

  1. Alam mengatakan:

    ngomongin rencana, kalau saya punya pandangan berbeda: tak usah ada rencana, tak usah ada target, bertindak saja:mrgreen:

  2. achoey el haris mengatakan:

    saya sepakat
    manusia punya rencana
    Allah yg menentukan

    manusia harus punya rencana
    dan bertawakal pada Tuhan

  3. kodokz mengatakan:

    saya punya banyak rencana..
    tapi,, saya yakin kalo kita berusaha dan berdoa,,
    Pasti ada jalan dari Tuhan😉

  4. Masjid Kita mengatakan:

    ‘planning’ menjadi teramat penting manakala kita memang bersungguh-sungguh untuk sukses dalam hidup ini mas🙂 tp saya blm ada tambahan nih :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s