Goodbye 2010

Tak terasa sudah kita mengarungi tahun 2010 dengan suka dan duka. Banyak cerita yang menjadi jejak kenangan yang akan menjadi pelajaran dan hikmah di waktu yang akan datang, tentu saja hanya bagi orang-orang yang mau berpikir tentang makna hidupnya yang kian tergerus usia. Ada yang lebih banyak berbuat baik, ada pula yang lebih banyak berbuat maksiat. Kalau fifty-fifty antara baik dan buruknya, itu adalah hal langka karena manusia selalu condong pada satu hal, baik atau buruk. Hanya tercipta dua tempat surga dan neraka.

Beruntung buat mereka yang selalu berbuat baik dan beramal saleh di sepanjang tahun 2010 ini, setidaknya kalau awal 2011 wafat, dosanya ringan. Untuk mereka yang sering berbuat dosa (saya juga termasuk), semoga Tuhan memberikan kesempatan di tahun 2011 untuk berbenah diri. Tak ada manusia yang sempurna tapi bukan berarti kita leluasa berbuat seenaknya.

Kegagalan di tahun ini akan kita evaluasi untuk bisa diperbaiki dan lebih baiknya lagi menyusun sejumlah rencana untuk tahun depan agar kesalahan di masa lalu tidak terulang. Secara garis besar, kita susun dari yang paling prioritas sampai ke pilihan alternatif. Masing-masing orang pastilah memiliki misi yang berbeda, begitu juga dengan saya. Sekedar sharing, inilah visi saya di tahun 2011 :

  1. Ibadah, bentuknya bermacam-macam tapi yang menjadi prioritas saya sebagai seorang muslim adalah sholat. Sholat saya nggak disiplin, masih suka menunda-nunda apalagi kalo sudah online.. begh, bisa-bisa menjelang akhir waktu kadang baru sholat. Disiplin dalam sholat konon bisa menular kepada kegiatan dan tabiat kita sehari-hari. Harusnya nggak nunggu tahun baru karena ini adalah kewajiban.😦
  2. Pendidikan, merupakan kewajiban bagi semua manusia. Belajar adalah ibadah baik formal maupun informal. Saya menargetkan tahun ini harus sudah lulus dalam menyelesaikan pendidikan formal strata satu.
  3. Bekerja, adalah tujuan awal saya setelah menyelesaikan pendidikan. Bahkan sekarang pun saya ingin mulai merintisnya, namun kurang fokus karena terganjal oleh pendidikan. Tahun depan setidaknya saya sudah bisa membiayai hidup saya sendiri. Amin.
  4. Karir, kalau sudah menemukan pekerjaan yang pas (pas gajinya, pas kerjaannya) insya Allah akan saya tekuni. Tapi tetap akan mencari penghasilan yang lain. Hidup itu kan perlu dimaksimalkan.. hehe…
  5. Menggantikan beliau, harusnya dari sekarang. Namun sesuatu yang mustahil jika belum mampu bertumpu pada kaki sendiri kemudian melepaskan tongkat. Semoga dari pekerjaan, saya sudah mampu, nggak nunggu dapat karir.
  6. Masih kosong, sementara lima dulu. Nggak “muluk-muluk” (berlebihan), disesuaikan keadaan sekarang dan keadaan yang memungkinkan bisa saya capai.😀

Rencana manusia adalah mimpi yang belum terealisasi. Untuk mewujudkannya bukanlah hal mudah, kita akan senantiasa diuji atas kesungguhan  jiwa, semangat dan tekat untuk mau mengubahnya menjadi nyata. Namun semuanya belum cukup, karena kesabaran adalah kuncinya. Rencana kita tidak lepas dari intervensi Sang Pencipta, Dia yang berkehendak dan menentukan segalanya termasuk mewujudkan mimpi kita. Berdoa dan berusaha. Sabar dan tawakkal.

Tahun 2010 akan berlalu. Kejadian yang telah lalu biarlah berlalu tak usah merisaukan hal yang telah terjadi. Menyesali segala tabiat yang tak patut, menangisi kenangan yang tak bisa terulang lagi. Mengubur masa lalu adalah hal terbaik untuk membersihkan jiwa dari rasa gelisah.

Tahun 2011  akan menjelang dengan sejumlah harapan dan cita-cita. Ayo kita tempuh tahun mendatang dengan penuh semangat karena hidup kita hanya sekali dan takkan ada reinkarnasi.

Goodbye 2010

Coming soon 2011

(ngucapin welcome-nya ntar kalo pas tanggal satu Januari 2011 :D)

14 comments on “Goodbye 2010

  1. rauff risharasakti mengatakan:

    Salah satu rencana ku di tahun 2010 yang tak terealisasi adalah menikah muda.
    Tapi alhamdulilah rencana membuka usaha aku terwujud. Alhamdulilah.

  2. byzhee mengatakan:

    Setuju banget..
    Di tahun baru pastinya kita punya harapan, mimpi, cita2 dan semangat baru..
    Semoga di tahun 2011 semua rencana hidup kita dapat terealisasi dg baik dan mendapat ridho Allah SWT..
    Amin…

  3. DikMa mengatakan:

    kunjungan perdana di tahun 2011
    hepi nyu yer 2011…
    salam

  4. kodokz mengatakan:

    semoga semua resolusimu terealisasikan di tahun ini…

    udah tahun baru🙂

  5. hudaesce mengatakan:

    Yaps….,Met Tahun Baru juga yach brow, Semoga ditahun ini akan menjadikan kita lebih baik lagi kedepannya.🙂

    dan Semoga apa yang kita cita dan cintakan akan teraih ditahun ini,

  6. Willy Merdiansyah mengatakan:

    wah makin eksis ni mas d blognya ^^b.

    semakin detail semakin baik mas impiannya…

  7. Lutvi Avandi mengatakan:

    Sip… kalau ada yang dituju, kita bisa fokus jalannya. ganti tahun jangan dijadikan moment ganti kalender, tapi harus jadi momen untuk evaluasi dan perbaikan diri.

    Kalau bukan kita yang ngerubah, trus siapa lagi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s