Kemenangan Ironi

Sudah keempat kalinya, timnas gagal meraih trofi piala AFF dan kali ini menyerahkan mahkota juara  bergengsi se-Asia Tenggara itu pada Malaysia. Kecewa… tapi inilah sepak bola, menang dan kalah adalah bagian dari sebuah permainan yang harus kita terima. Saya tidak meragukan permainan yang disuguhkan mereka, lumayan bagus dan sangat bagus se-Asia Tenggara menurut saya. Tapi kita mempunyai satu kelemahan yang sepertinya terwakilkan untuk semuanya.

Mental

Seperti menjadi sebuah budaya bahwa faktor psikologis selalu menjadi kendala di setiap turnamen yang diikuti timnas. Anda boleh setuju atau tidak, tapi kenyataan inilah yang saya saksikan selama beberapa kali melihat mereka bertanding. Mungkin kapasitasnya berbeda di setiap generasi tapi intinya sama. Kemenangan kita sungguh ironi.

Saya tidak akan membahas kegagalan Firman Utina atau hal lain yang belum dimaksimalkan, biarlah itu menjadi PR buat mereka yang menyadari. Toh, timnas tetap menjaga kemenangan 100% di kandang. Malaysia kali ini boleh menang, tapi lain kali kita akan balas, mungkin ada hikmah di balik semua ini.

Salut saya terhadap saya sendiri dan semua saudara saya se-Indonesia karena telah menjadi suporter setia sepanjang laga 2×45 menit dan tetap bertahan menyaksikan mereka berlaga meski dada “nyut-nyutan” menunggu lahirnya gol keempat yang tidak pernah ada (yang pulang duluan sebelum pertandingan selesai berarti selingkuh) :p

Patut diacungi jempol, suporter kita tidak ricuh baik sebelum pertandingan, selama pertandingan atau pun sesudah pertandingan. Padahal saya membayangkan kalau Indonesia tidak juara, Malaysia nggak bakal bisa pulang dengan keadaan baik-baik saja.. heheheh.. Ternyata saya salah, suporter Indonesia dikagumi oleh banyak pihak termasuk sekjen federasi sepak bola se-Asia Tenggara yang notabene warga Malaysia. Merinding rasanya melihat dukungan dan semangat mereka saat di SUGBK meskipun dari layar kaca, kapan-kapan saya ingin merasakan atmosfir Nasionalisme sejati…😀

yo…ayooo.. ayo Garuda.. ku ingin kita harus menang…. !

Garuda di  dadaku , Garuda kebanggaanku. Ku yakin esok hari pasti menang !

Indonesia… Indonesia…

Wah, pasti seru…!😀😀

6 comments on “Kemenangan Ironi

  1. kodokz mengatakan:

    hmmm
    semoga,,,
    piala AFF berikutnya, Malaysia dan Indonesia bertemu lagi di final..
    dan tentunya Indonesia bisa menang
    hehehe

  2. bujen mengatakan:

    belum waktunya jadi juara😀, nunggu giliran

  3. achoey el haris mengatakan:

    Indonesia
    Indonesia
    Indonesia

    Aku tetap bangga

    Pasti nanti kita juara

    ISL dan LPI bentar lagi
    Jaga kesatuan dan persatuan suporter ya jangan sampai gontok2an😀

Tinggalkan Balasan

