Definisi dan konsep pemasaran

Banyak orang berpikir bahwa pemasaran hanyalah menjual dan mengiklankan. Padahal, penjualan dan iklan hanyalah puncak dari sebuah pemasaran. Pemasaran harus dipahami tidak dalam pemahaman kuno sebagai penjualan tetapi dalam pemahaman modern, yaitu memuaskan kebutuhan pelanggan.

Definisi pemasaran secara luas adalah proses sosial dan manajerial di mana pribadi atau organisasi memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran nilai dengan yang lain (Kotler dan Amstrong, 2008). Dalam konteks bisnis yang lebih sempit, pemasaran mencakup menciptakan hubungan pertukaran muatan nilai dengan pelanggan yang menguntungkan. Lebih lanjut, Kotler dan Amstrong mendefinisikan pemasaran sebagai proses di mana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, dengan tujuan menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalnnya.

Konsep pemasaran (marketing concept) menyatakan bahwa pencapaian tujuan organisasi tergantung pada pengetahuan akan kebutuhan dan keinginan target pasar dan memberikan kepuasan yang diinginkan dengan lebih baik dari pesaing. Berdasarkan konsep ini, fokus dan nilai pelanggan adalah jalan menuju penjualan dan keuntungan.

Konsep ini memandang pemasaran bukan sebagai “kegiatan berburu” tetapi sebagai “kegiatan berkebun.” Pekerjaan yang harus dilakukan bukanlah menemukan pelanggan yang tepat bagi produk anda, tetapi menemukan produk yang tepat bagi pelanggan anda.” (Kotler dan Amstrong, 2000).

Ada tiga unsur pokok konsep pemasaran (Swastha dan Handoko, 2007)

a.       Orientasi pada konsumen.

Perusahaan yang benar-benar ingin memperlihatkan konsumen harus :

1)      Menentukan kebutuhan pokok (basic needs) dari pembeli yang akan dilayani dan dipenuhi.

2)      Menentukan kelompok pembeli yang akan dijadikan sasaran penjualan.

3)      Menentukan produk dan program pemasarannya.

4)      Mengadakan penelitian pada konsumen untuk mengukur, menilai dan menafsirkan keinginan, sikap dan perilaku mereka.

5)      Menentukan dan melaksanakan strategi yang paling baik, apakah menitikberatkan pada mutu yang tinggi, harga yang murah atau model yang menarik.

b.      Penyusunan kegiatan secara integral (integral marketing).

Pengintegrasian kegiatan pemasaran berarti bahwa setiap orang dan setiap bagian dalam perusahaan turut berkecimpung dalam suatu jasa yang terkoordinir untuk memberikan kepuasan konsumen, sehingga tujuan perusahaan dapat terealisasi.

c.       Kepuasan konsumen (customer satisfaction)

Faktor yang menentukan apakah perusahaan dalam jangka panjang akan mendapatkan laba adalah banyak sedikitnya kepuasan konsumen yang dapat dipenuhi. Ini tidak berarti bahwa perusahaan harus memaksimalkan kepuasan konsumen, tetapi perusahaan harus mendapatkan laba dengan cara memberikan kepuasan kepada konsumen.

Konsep pemasaran menekankan pada kepuasan konsumen sebagai tujuan yang harus dicapai. Untuk itu pemasar harus mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi konsumen dalam memilih suatu produk/ merk sebagai sarana untuk memuaskan kebutuhan dan keinginannya.

Kira-kira teori ini sejalan nggak ya,dengan para pemasar online alias internet marketer? Itu yang akan jadi kajian saya pada penelitian nanti.🙂

8 comments on “Definisi dan konsep pemasaran

  1. MENONE mengatakan:

    naaaahhhh kepuasan konsumen to yg paling harus diutamakan ya ga?

  2. JaDe mengatakan:

    wah elmu marketingnya mantab tuh bro…
    ayo dong bikin ide produk yg kira2 bakal rame di pasar internet🙂

  3. achoey el haris mengatakan:

    melayani sepenuh hati
    itulah marketing ala Mie Janda😀

  4. Willy Merdiansyah mengatakan:

    waduh mas, gak ada niatan menjadi penulis buku kah?
    hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s