Latar Belakang e-commerce

Banyak perusahaan telah berpindah ke e-commerce dengan berbagai alasan. Salah satunya adalah kemudahan yang diberikan teknologi hingga menjadikan e-commerce sebagai alternatif perdagangan yang efisien dan efektif, baik dari segi waktu, tenaga dan biaya. Secara ringkas e-commerce mampu menangani masalah berikut :

  1. Otomatisasi, proses otomatisasi yang menggantikan proses manual.(“enerprise resource planning” concept)
  2. Integrasi, proses yang terintegrasi yang akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses. (“just in time” concept)
  3. Publikasi, memberikan jasa promosi dan komunikasi atas produk dan jasa yang dipasarkan. (“electronic cataloging” concept)
  4. Interaksi, pertukaran data atau informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan “human error” (“electronic data interchange/EDI” concept)
  5. Transaksi, kesepakatan antara 2 pihak untuk melakukan transaksi yang melibatkan institusi lainnya sebagai pihak yang menangani pembayaran. (“electronic payment” concept)

Hal lain yang membuat e-commerce menjadi lahan prospek bagi para pelaku bisnis adalah status pengguna internet yang semakin hari semakin bertambah. Pengusaha wiraswasta dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain. Hal inilah yang dimaksud dengan peluang pasar baru bagi bisnis.

Penggunaan internet telah mengalami perkembangan yang luar biasa khususnya di bidang bisnis terutama pada perusahaan skala besar. Sejak ditemukannya teknologi internet tersebut pada tahun 1990-an penggunaannya meluas karena dipandang memberikan manfaat yang sangat besar bagi kelancaran proses-proses bisnis. Contohnya adalah Ebay, tahun 2009 lalu  mencatatkan keuntungan sebesar $2,3 milyar dari pendapatan $8,7 milyar. Sedangkan pada tahun 2008 mencatatkan keuntungan sebesar $1,78 milyar dari total pendapatan $8,54 milyar. Atau terjadi peningkatan 34%.  Peningkatan Ebay yang memiliki sekitar 16 ribu karyawan ini ikut dipengaruhi pertumbuhan Paypal dan Stubhub. Tahun 2010 mendatang, Ebay memperkirakan pendapatan total $8,8 milyar sampai $9,1 milyar. Begitu juga dengan Amazon, toko buku online terbesar tersebut mencatatkan pendapatan $24,5 milyar pada tahun 2009 dengan pendapatan bersih sebesar $902 juta. Profit bersih Amazon ini meningkat hampir 40% sebab pada 2008 Amazon hanya mencatatkan keuntungan $645 juta dari pendapatan $19,17 milyar. Amazon sendiri memiliki karyawan sekitar 20 ribu orang.

17 comments on “Latar Belakang e-commerce

  1. JaDe mengatakan:

    oo gitu…. *manggut manggut*

  2. Willy Merdiansyah mengatakan:

    PERTAMAX ini saya mas =D

    “menciptakan lapangan pekerjaan baru” bukannya karena teknologi kesempatan kerja malah menipis mas, kan semuanya serba otomatis xD

    dankalau kesempatan pun harus orang yang mengerti tentang ecommerce

    • blogbobby mengatakan:

      emh… bener juga pertanyaan bagus mas, tapi maksudnya gini,
      ketika lahan di bisnis konvensional sudah begitu padat maka, e-commerce memberikan sejuta lahan kerja. ada banyak contoh : seorang penerjemah online… bahkan yang nggak bisa apa-apa bisa ikutan MLM…😀
      bukankah produk e-commerce lebih identik dengan jasa?🙂 bahkan menurut para internet marketer senior di luar sana, ide saja bisa dijual.
      Orang yang inging sukses adalah orang yang mampu mengkombinasi ilmu dan teknologi.🙂

  3. achoey el haris mengatakan:

    Wow, sebanyak itu karyawannya
    Keren Amazon

  4. Agus Siswoyo mengatakan:

    Setiap usaha harus di-online-kan. Itulah tuntutan jaman.

  5. MENONE mengatakan:

    hmmmmmmmmmm……. klo kita dapat untung segitu buat apa ya hehehehehehehe……………..

  6. gecko lover mengatakan:

    mantab elmunya bang!

  7. mimu mengatakan:

    ada info sumbernya darimana pak?🙂

  8. sheren mengatakan:

    this like

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s