Rajin vs Pandai

Seandainya ada dua orang berlomba mengetik sebuah naskah, kira-kira mana yang lebih selesai duluan? orang yang bodoh tapi rajin atau orang yang pandai tapi malas?

Jawaban pertanyaan ini adalah relatif, dari sudut pandang mana kita melihatnya. Bisa jadi orang pandai yang lebih dulu selesai karena kemampuan dan wawasan yang ia miliki atau malah orang rajin yang nggak tahu apa-apa karena keuletan dan ketekunannya. Keduanya berpeluang, karena keduanya mempunyai kesempatan yang sama namun memiliki etos yang berbeda. Dulu, semasa SMU, guru saya pernah bilang, “lebih baik saya mengajar satu anak bodoh tapi rajin daripada sepuluh anak pandai tapi malas.”

Kalau saya pikir-pikir, apa yang diucapkan guru saya itu benar. Orang yang pandai itu ibarat sebilah pisau tajam yang siap digunakan kapan pun. Tapi jika sering digunakan tanpa diasah, maka pisau menjadi tumpul. Orang bodoh itu ibarat sampah bekas yang terbuang sia-sia. Tapi jika sampah tersebut didaur ulang berkali-kali, maka sampah pun menjadi sebuah produk yang memiliki nilai manfaat.

Sebagian kecil kebodohan dan kepandaian itu mungkin sifat turunan, tapi penyebab kebodohan dan kepandaian itu adalah budaya. Setiap manusia itu pasti memiliki  keunikan dan karakter yang berbeda. Tidak ada orang yang pandai dalam segala bidang dan tidak ada pula orang yang bodoh dalam segala hal. Otak manusia memang diciptakan dengan kapasitas yang berbeda-beda tapi kapasitas itu masih bisa dioptimalkan lagi dengan sebuah usaha. Kemampuan manusia ada batasnya tapi usaha tidak mengenal batas.

 

2 comments on “Rajin vs Pandai

  1. donyarisandy mengatakan:

    Orang yg pandai tapi malas itu berarti dia tidak menggunakan kekuatannya🙂 Punya kepandaian tapi tak dipakai karena diselimuti oleh rasa malas.

  2. blogbobby mengatakan:

    bener tuh, gan..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s