Juru Ketik

Cari kerja semakin susah sekarang jangankan saya yang belum lulus kuliah, teman saya yang udah hampir setahun lulus belum juga dapat kerja. Apa ya, masalahnya? IPK? test wawancara? psikotest? atau faktor lain?

Tiap orang alasannya pasti berbeda-beda, tapi yang jelas bekerja adalah sebuah kebutuhan hidup. Manakala kebutuhan hidup terpenuhi mungkin kebanyakan orang tak ingin bekerja kecuali mereka yang bekerja dari hobinya. Salah satu hoby yang bisa menjadi pekerjaan dan pekerjaan yang menjadi hoby adalah mengetik. Bisa juga disebut menulis sih, cuman anggapan saya kalau menulis itu pakai pulpen atau pensil, hehehe… Mengetik yang bagaimana? mengetik sebuah informasi yang bermanfaat bagi para pembacanya kemudian dijual dalam bentuk ebook.

Nggak percaya? silahkan browsing aja lewat google dengan mengetik sebuah kata kunci “peluang bisnis” misalnya. Rata-rata di halaman pertama dari peringkat satu sampai peringkat terbawah pada halaman pertama google menawarkan produk informasi. Apa bentuknya? tentu saja ebook. Mereka menjualnya dengan harga ratusan ribu rupiah dalam satu paket. Bayangkan saja keuntungannya, modalnya hanya mengetik dan justru yang mahal itu mungkin ilmu yang terkandung di dalamnya. Makanya mereka menghargainya dengan harga yang lumayan mahal padahal isinya dibawah seratus halaman. Coba bandingkan kalau anda beli buku, kualitas kertas dan sampul ikut menjadi perhitungan untuk menentukan harga buku tersebut selain isi dari buku itu sendiri. Sedangkan ebook, murni tulisan digital yang tidak membutuhkan biaya cetak dan biaya operasional lainnya.

Oleh karena itu, sebuah ide sangatlah berharga bagi yang mampu menuangkannya dalam sebuah tulisan. Terlebih yang memberikan manfaat bagi khalayak dan menjadikannya sebagai sebuah sumber informasi dan refferensi. Juru ketik bukan lagi sebutan bagi orang yang menerima order untuk mengetik sebuah naskah dan narasi yang telah disediakan. Juru ketik bisa jadi adalah orang yang mampu menuangkan idenya menjadi sebuah infomasi yang bermanfaat bagi orang lain. Sekali lagi, ungkapan juru ketik saya sebutkan sebagai kata lain dari penulis online atau penulis yang menggunakan media komputer sebagai sarana. Bukan juru ketik yang menerima orderan naskah atau semacamnya.

Apakah anda ingin menjadi juru ketik yang berpenghasilan seperti yang saya ceritakan di atas? saya juga mau🙂

3 comments on “Juru Ketik

  1. MENONE mengatakan:

    ga ahli ngtik sob hehehehehehehehe………………..

  2. byzhee mengatakan:

    aku suka ngetik,… apalagi dapet duit,..
    aku juga mau ah,.. klo ada orderan kyk gitu,…
    ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s