Sejarah e-commerce

Berikut sejarah singkat tentang e-commerce yang saya kutip dari buku “Strategi Periklanan pada E-commerce” karya M.Suyanto (2003):

Electronic commerce bermula pada awal tahun 1970-an dengan munculnya inovasi electronic fund transfer (EFT). Pada saat itu tingkat aplikasinya masih sangat terbatas pada perusahaan-perusahaan besar, lembaga keungan dan segelintir perusahaan kecil yang nekat. Kemudian muncullah Electronic Data Interchange (EDI) yang berkembang dari transaksi keuangan ke proses transaksi lain serta memperbesar jumlah perusahaan yang berperan serta, mulai lembaga-lembaga keuangan sampai perusahaan manufaktur.

Aplikasi-aplikkasi yang lain kemudian menyusul, yang memiliki jangkauan dari perdagangan saham hingga sistem reservasi perjalanan. Dengan adanya komersialisasi internet di awal tahun 1990-an, serta pesatnya pertumbuhan yang mencapai hingga jutaan pelanggan potensial, maka muncullah istilah electronic commerce (e-commerce). Satu alasan bagi pesatnya perkembangan teknologi tersebut adalah adanya perkembangan jaringan, protokol, perangkat lunak, dan spesifikasi.

Sampai saat ini, saya kira e-commerce makin menunjukkan “taringnya” dan bersiap menggantikan bisnis konvensional karena secara finansial, modal berbisnis melalui e-commerce cenderung rendah daripada bisnis konvensional pada umumnya.

4 comments on “Sejarah e-commerce

  1. Agus Siswoyo mengatakan:

    Referensi yang bagus. Bisa jadi penyemangat kawan-kawan lain utk lebih menekuni bisnis online.

  2. blogbobby mengatakan:

    hmm…. semoga saja.

  3. Yuda mengatakan:

    thank,sangt bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s